Keyboard Workstation vs MIDI Controller

midi controller

Anda seorang pelayan musik gereja, ingin memiliki alat musik (keyboard) canggih untuk menunjang pelayanan musik Anda, namun terbatas pada sumber dana?

Tenang saja kawan… Hal tersebut bukanlah hambatan untuk kita berkembang. Sekarang jaman sudah berubah, musik-musik sekuler sudah menerapkan yang namanya musik teknologi. Musik sekuler mulai diwarnai dengan apa yang namanya musik digital.

Gunakan midi/keyboard controller untuk mengoperasikan suara dari laptop/Macbook Anda.

Keyboard Workstation vs MIDI Controller

Kenapa musik digital? Karena dengan perbandingan harga yang sama, kita akan mendapatkan banyak pilihan dan kualitas suara yang jauh lebih baik.

Apa saja peralatan yang perlu disiapkan:

  1. MIDI Controller (jika sudah memiliki keyboard, gunakan saja yang ada)
    Digunakan untuk memainkan not dengan tuts yang ada.
    midi controller
  2. Laptop/Macbook (disarankan menggunakan Macbook karena lebih stabil)
    macbook pro
    Bank suara untuk MIDI/keyboard controller Anda. Jumlah suara tergantung dari kapasitas harddisk Anda. Sedangkan kualitas suara tergantung pada berapa besar memory laptop/Macbook Anda.
  3. Audio Interface
    audio interface duet
    Merupakan pengganti soundcard pada komputer Anda agar suara yang dihasilkan dapat maksimal dan tidak membebani kinerja komputer Anda.

Tentu saja harga alat-alat diatas jika ditotal juga tidak murah, namun seperti tadi yang sudah saya jelaskan diawal bahwa kualitas dan jumlah suara akan jauh lebih kaya daripada Anda membeli sebuah keyboard dengan nominal yang sama.

Dulu saya membeli alat tersebut satu persatu dalam jangka waktu yang cukup panjang (jika dana terbatas, belilah terlebih dahulu audio interface, dan gunakan laptop yang Anda miliki sekarang). Selamat bereksperimen… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.